Novelfiksi.Com – Tempat Review Buku dan Opini yang Menarik

By. Adi Pratama Putra | 5 Desember, 2019 | Kategori: Situs Pendidikan

Forsipuler.Com – Apa pentingnya sih review buku? Well, sebelum kita masuk pada pembahasan review buku, alangkah baiknya kita melihat dulu sebuah data hasil survei tentang minat baca di Indonesia.

Minat baca di Indonesia tergolong masih cukup rendah, hal itu dapat dilihat pada sebuah hasil penelitian Program for International Student Assesment (PISA) tahun 2015. Penelitian PISA menunjukkan rendahnya tingkat literasi Indonesia di banding Negara lain.

Hasil penelitian terhadap 70 Negara dengan respondennya adalah anak-anak sekolah usia 15 tahun menempatkan Indonesia pada ranking 62 dari 70 Negara.

Berkaca dari hasil penelitian di atas, maka Novelfiksi.com berkomitmen untuk menyediakan informasi seputar buku, baik review buku maupun soal-soal lain yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca orang Indonesia.

Selain itu Novelfiksi melalui opininya akan mengajak kita semua untuk tetap berfikir kritis dan imaginatif dalam melihat sebuah fenomena.

Novelfiksi.Com – Tempat Review Buku dan Opini yang Menarik

1. Novelfiksi Merupakan Website Baru.

Novelfiksi merupakan website yang masih cukup baru, karena website ini baru didirikan sekitar 4 bulan yang lalu dari postingan ini. Website ini didirikan oleh Edy Susanto seorang sarjana komputer yang bercita-cita menjadi penulis novel.

Perhatiannya terhadap dunia literasi sudah mulai terlihat waktu masih duduk di bangku Sekolah Menengah. Namun sebuah peristiwa yang menginspirasi dan dibuatnya blog ini tumbuh ketika essay yang ia buat berhasil lolos kurasi dan diterbitkan di Mojok.Co.

2. Novelfiksi Awalnya Direncanakan Hanya Akan Berisi Review Buku Saja.

Pada awal pembuatan Novelfiksi direncanakan hanya akan berisi review buku saja. Namun seiring berjalannya waktu penulis membutuhkan wadah untuk mencurahkan segala pemikirannya tentang fenomena viral yang terjadi di Indonesia sehingga blog ini dinilai sebagai wadah yang cukup baik untuk menampung semua opini yang Dia buat. Beberapa essay yang sudah Dia buat seperti :

  1. Robohnya Surau Kami dan Relevansinya Sekarang.
  2. Layangan Putus – Saat Pelakor di Pusaran Penghakiman Abadi.
  3. Kartun SpongeBob SquarePants- Parodi Kehidupan yang Lucu.
  4. Dan lain-lainnya.

3. Mengidolakan Sosok Eka Kurniawan dan Ahmad Tohari.

Sebagai Sosok yang sangat mengidolakan Eka Kurniawan dan Ahmad Tohari.

Novelfiksi mencoba untuk selalu mengutamakan review dari kedua pengarang diatas. Meskipun sampai saat ini hanya beberapa buku dari Eka Kurniawan saja yang sudah dibuat reviewnya, seperti :

  1. Lelaki Harimau.
  2. Cantik Itu Luka.

Kedepan Novelfiksi juga akan menulis review tentang karangan Ahmad Tohari yang melegenda seperti :

  1. Ronggeng Dukuh Paruk (1982).
  2. Lintang Kemukus Dinihari (1985).
  3. Bekisar Merah ( 1993).
  4. Belantik (2001).

4. Perihatin dengan Pembajakan Buku.

Sering sedih jika melihat Marketplace-marketpace besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain bisa dengan mudah membiarkan Merchands-nya menjual buku-buku bajakan.

Sebagai platform jual-beli online terbesar di Negara Indonesia, mereka dengan bebas membiarkan penjualnya melakukan kegiatan Ilegal didepan mata.

Soal semacam ini harusnya menjadi perhatian kita bersama, jangan sampai penulis-penulis yang dimiliki bangsa ini harus hidup susah karena kegiatan pembajakan. Belum lagi pembajakan juga akan membunuh bibit-bibit generasi muda yang bercita-cita sebagai penulis.

Karena figur yang mereka idolakan nyatanya masih belum bisa hidup layak dengan mengandalkan karya mereka. Maka tak jarang penulis kenamaan pun masih menjadikan menulis hanya sebagai kerja sampingan.

5. Review Drama Korea Terbaik.

Selain menulis review Buku dan Essay, yang terbaru dari Novelfiksi adalah review dan sinopsis Drama Korea. Sebelumnya penulis tidak pernah bersinggungan dengan Drama Korea manapun, sampai Netflix untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Korea Selatan dan menghasilkan sebuah Drama Korea yang sangat keren berjudul “Kingdom”.

Berawal dari sana penulis menyadari mengapa Drama Korea banyak diminati. Oleh karena itu kini penulis juga telah terseret arus yang sangat deras dari boomingnya Drama Korea di Negara ini. Maka untuk selanjutnya akan ada review Drama Korea di Novelfiksi.

Demikian ulasan tentang Novelfiksi.Com sebuah website review buku dan opini yang semoga saja selain dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membeli buku, juga sebagai tempat untuk melihat perspektif yang berbeda dari sebuah fenomena.

Kunjungi Website : Novelfiksi

Penulis Tamu : Edy Susanto

Adi Pratama Putra"

Adi Pratama Putra

Tentang Author

Nama saya Adi Pratama Putra, sering dipanggil Adi. Saya lahir di Bekasi dan sekarang tinggal di Magetan. Saya mengenal dunia blogging sejak bulan Januari 2017. Harapan saya adalah menjadikan Forsipuler menjadi website no 1 di Indonesia dengan topik “Berbagi Informasi Situs Terbaik dan Terpopuler”.

Postingan dari : Adi Pratama Putra


View All Post

Postingan Terkait :

SHARE YOUR THOUGHTS

Your email address will not be published. All fields area required.

© Forsipuler Theme 2020