Google Adsense – PPC (Pay Per Click) Terbaik dan Terpopuler di Dunia

By. Adi Pratama Putra | 15 April, 2019 | Kategori: Situs Blogging, Situs Layanan, Situs Penghasil Uang

Forsipuler.Com – Bagi para Blogger, mereka mendapatkan uang dari Blog nya melalui Google Adsense, Google Adsense merupakan penyedia iklan no.1 di dunia. Dengan Google Adsense Anda bisa menjadi Publisher, untuk menghasilkan uang. Untuk pembahasan selengkapnya sebagai berikut.

Pengertian

Google Adsense adalah cara gratis dan mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan bertarget di samping konten Anda. Dengan Google Adsense, Anda dapat menampilkan iklan yang menarik dan relevan bagi pengunjung situs, bahkan menyesuaikan tampilan serta nuansa iklan agar sesuai dengan situs web Anda.

Jadi, bisa dibilang google adsense itu merupakan tempat para blogger atau youtuber untuk bisa mendapatkan iklan dari google dan menghasilkan uang dari iklan tersebut. Iklan google adsense berbasis PPC. PPC adalah singkatan dari Pay Per Click yang jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah bayar per klik. Jadi, sistem di google adsense adalah Anda akan dibayar dari klik iklan sah di blog atau youtube Anda. Tapi, Anda tidak boleh meng-klik iklan Anda sendiri lo ya.

Nah, meskipun google adsense berjenis PPC, namun tidak semua iklan google adsense semuanya berjenis PPC. Ada juga iklan CPM, yaitu iklan Cost Per Million, di mana Anda akan dibayar dengan jumlah dan hitung-hitungan tertentu, dari tampilan iklan per seribu tayangan.

Namun, kita tidak bisa memilih dan menentukan untuk memasang iklan CPC atau CPM di blog atau youtube kita. Sebab, pihak adsenselah yang mengaturnya secara otomatis. 

Maksudnya untuk iklan CPM ini meskipun tidak ada yang meng-klik iklannya, Anda tetap mendapatkan penghasilan asalkan iklan sudah ditayangkan baik di blog atau di youtube kita.

Sejarah Google Adsense

Dulu, sebelum 2012-2013 Google adsense ini hanya menerima konten konten dengan menggunakan bahasa internasional (bahasa inggris), oleh karenanya tidak heran jika kalian menemukan blog orang indonesia dengan konten bahasa inggris pada tahun tersebut.
Namun, Semenjak 2013-2014, Google sudah mulai membukakan pintu hatinya nya dengan mulai di terimanya blog blog berkonten bahasa indonesia.

Selain dengan kabar gembira mulai di terimanya blog berkonten bahasa inggris, juga memberikan dampak lain yakni dengan sulit nya blog di terima oleh google adsense baik itu blog dengan konten bahasa inggris maupun berbahasa indonesia.

Perbedaan Google Adsense dengan Layanan Lain

Apa perbedaan Adsense dibandingkan dengan jaringan iklan lainnya? Program AdSense berbeda karena menyediakan iklan yang ditayangkan oleh Google Ads pada situs Anda. Setelah itu, Google akan membayar Anda untuk iklan yang ditampilkan di situs Anda berdasarkan klik pengguna pada iklan atau tayangan iklan, bergantung pada jenis iklannya. AdSense memberikan akses cepat dan otomatis ke banyak sumber permintaan pengiklan, yang berarti persaingan untuk mendapatkan ruang iklan, iklan yang lebih relevan, dan iklan untuk semua konten online Anda.

Bagaimana Potensi Pendapatan Publisher Google Adsense?

Besar pendapatan yang diterima berdasarkan jumlah klik iklan oleh pengunjung. Para publisher Adsense mengenal istilah pay per click (PPC) yaitu metode pembayaran sesuai dengan jumlah klik pada iklan yang ditempatkan pada blog/ website. Jumlah komisi yang diterima tergantung jenis iklan yang ditempatkan pada blog/web tersebut. Iklan akan ditempatkan sesuai dengan isi/conten situs oleh Pihak Google.  Apabila content blog mengenai kecantikan, maka iklan yang akan ditampilkan pada blog tersebut juga berkaitan dengan bidang kecantikan.

Harga pay per click (PPC) ditentukan oleh pemasang iklan. Para pemasang iklan bisa saja membayar lebih untuk setiap kliknya.  Dalam beberapa situs, publisher juga mengenal istilah situs niche. Situs niche merupakan situs dengan kata kunci (keyword) tertentu. Hal tersebut dipengaruhi oleh kata kunci yang terdapat dalam blog. Setiap kata kunci dihargai masing-masing oleh pemasang iklan. Untuk kata-kata kunci yang memiliki nilai tinggi sering disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Misalnya dalam blog kecantikan, kata kunci cantik bisa meraih 0,5  dolar per klik. Berbeda dengan kata kunci wisata yang bisa meraih 30 dolar per klik.

Baca Juga :  Niagahoster - Penyedia Web Hosting Termurah dan Terbaik di Indonesia

Misalnya situs yang kita buat sudah dikunjungi 2000 orang per hari. Berapa kira-kira pendapatan yang bisa kita terima selama 1 bulan?  Jika terdapat 10% pengunjung yang melakukan klik dengan komisi 1 dolar per klik, 200 dolar/hari dapat kita dapatkan. Jika kita hitung pendapatan bulanannya, 6000 juta per bulan bisa kita dapatkan. Pendapatan yang akan kita terima lumayan bukan?

Bagaimana Cara  Menjadi Publisher Google Adsense?

Untuk mengikuti program ini, memiliki situs web/blog adalah langkah awal yang dapat kita persiapkan. Situs web/blog tersebut merupakan media tempat menampilkan iklan. Seperti seorang pedagang yang memiliki toko untuk menampilkan barang dagangannnya, begitu pula seorang publisher adsense memiliki situs blog/ web sebagai media untuk menempatkan iklan. Situs yang Anda buat sebaiknya memiliki topik/niche yang spesifik.

Berikut ini langkah-langkah membuat blog adsense:

  1. Daftarkan Blog Anda di Blogger.com
  2. Tentukan niche blog yang akan dibuat, misalnya: kesehatan, musik dan teknologi.
  3. Posting 10-20 artikel sesuai niche yang sudah Anda pilih.

Setelah itu, Anda dapat melakukan registrasi Google Adsense. Google akan melakukan penilaian pada situs Anda. Jika situs Anda memenuhi kriteria Google Adsense, maka pihak Google akan menginformasikan pada Anda.

Jika pengajuan diterima, Google akan memberi perintah pada Anda untuk memasang iklan kedalam blog sebagai review kedua. Jika blog telah di approve kembali, Anda bisa menambah dan memasang iklan diblog.

Langkahnya selanjutnya adalah mendatangkan pengunjung. Tanpa pengunjung kita tidak akan pernah mendapatkan komisi, kita hanya akan dibayar apabila setiap pengunjung melakukan klik pada iklan yang ada di blog/web kita. Semakin banyak visitor blog Anda, semakin tinggi pula kemungkinan iklan di klik, komisi yang kita terimapun semakin banyak.

Baca Juga : Inilah Situs Penghasil Uang Selain Google Adsense dengan CPM Tinggi

Konten yang tidak Akan diterima oleh Google Adsense

Saya sempat membaca artikel artikel bantuan google tentang adsense dan menemukan konten konten yang 99% tidak akan di terima oleh pihak google adsense di antaranya.

  • Konten pornografi, dewasa, atau vulgar.
  • Konten kekerasan.
  • Perkataan yang mendorong kebencian (termasuk konten yang memprovokasi agar timbul kebencian atau mendorong kekerasan terhadap individu atau kelompok berdasarkan ras atau etnis asal, agama, kecacatan, jenis kelamin, usia, status veteran, atau orientasi seksual/identitas gender), pelecehan, penindasan, atau konten serupa yang menganjurkan untuk menyakiti seseorang atau suatu kelompok.
  • Bahasa tidak sopan yang berlebihan.
  • Konten peretasan/pengoprekan.
  • Perangkat lunak atau konten lainnya yang melanggar Kebijakan Perangkat Lunak yang Tidak Diinginkan.
  • Malware (perangkat lunak perusak) atau adware (perangkat lunak iklan).
  • Konten obat-obatan terlarang dan peralatannya.
  • Konten yang mempromosikan, menjual, atau mengiklankan produk yang didapat dari spesies langka atau terancam punah.
  • Penjualan bir atau minuman keras.
  • Penjualan tembakau atau produk turunan tembakau.
  • Penjualan obat resep.
  • Penjualan senjata atau amunisi (misalnya senapan, komponen senapan, pisau tempur, pistol kejut listrik).
  • Penjualan atau penyebaran tugas atau makalah kuliah.
  • Konten seputar program yang mengompensasi pengguna untuk mengklik iklan atau penawaran, melakukan penelusuran, menjelajah situs web, atau membaca email.
  • Konten lainnya yang ilegal, mempromosikan aktivitas ilegal, atau melanggar hak hukum orang lain.
Baca Juga :  JobStreet - Situs Penyedia Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya

Memverifikasi Alamat dan Pembayaran

Pihak Google adsense sangat ingin memberikan yang terbaik untuk seluruh client nya, untuk itu maka adsense membuat sebuah program bernama Verifikasi PIN (Personal Identifcation Number). Program ini bertujuan agar para publisher adsense menerima hasil jerih payah mereka dengan tepat (tidak salah orang). Verifikasi PIN ini berupa sebuah kode yang di kirimkan ke alamat kalian yang di gunakan untuk mendaftar pada program mereka, oleh karena itu, sesuaikan alamat kalian dengan KTP masing masing dan Kode tersebut yang harus di input pada dashboard Google adsense.

Kapan Verifikasi PIN itu di Berikan ? Menurut yang saya baca di support.google.com , Verifikasi PIN akan di kirimkan setelah saldo adsense kalian terisi dengan jumlah $10 Dollar atau sekitar 13.500 (kurs saat postingan ini di buat).

Sebelumnya, para publisher adsense di indonesia sering melakukan pembayaran melalui western Union karena uang yang di kirim terjamin ke amanannya. Tapi, saat ini adsense sudah menambahkan metode pembayaran baru dengan Wire Transfer yakni pembayaran yang di lakukan dengan mengirimkan uang langsung ke rekening lokal milik kalian. Sebelum Mendapatkan pembayaran dengan metode wire transfer ini, kalian juga di haruskan memverifikasi kepemilikan rekening. Jika saldo adsense kalian sudah mencapai $10 dolllar, kalian akan di kirimkan sejumlah uang dengan nilai sedikit dan angka tersebut yang harus kalian input ke dashboard adsense kalian.

Cara Bekerja Sama dengan Google Adsense?

Pertama, Anda harus memiliki email. 

Kemudian, jika Anda ingin menampilkan iklan adsense di blog, maka Anda harus membuat blog, dan kemudian mendaftarkan blog tersebut di google adsense. Jika diterima, maka Anda bisa memasang kode iklan adsense di blog Anda. Nah, dari kode iklan yang Anda pasang tadi akan menampilkan iklan dari adsense.. Contohnya seperti screenshot berikut ini..

Kemudian jika Anda hanya ingin memasang iklan adsense di youtube, Anda tinggal membuat akun youtube, kemudian mengisinya dengan video milik Anda sendiri dan mendaftarkannya di google adsense juga. 
Tapi untuk pendaftaran adsense via youtube lebih mudah dibanding lewat blog. Dalam artian, lebih gampang diterimanya asalkan video Anda original buatan Anda sendiri.

Nah, setelah diterima, Anda tinggal mengaktifkan fitur monetisasi di video youtube Anda, setelah itu secara otomatis iklan adsense akan tampil dengan sendirinya saat video Anda diputar. Anda tidak perlu repot memasang scrip iklan lagi seperti halnya di blog karena pihak youtube yang bakal mengaturnya.

Pertanyaan Seputar Google Adsense

1. Berapa Minimal Pengunjung Blog agar Diterima Google Adsense?

Sampai artikel ini saya tulis, tidak ada batasan berapa jumlah pengunjung minimal di google adsense. Yang terpenting adalah umur blog Anda telah cukup, minimal 6 bulan (untuk blogspot) dan Anda memiliki konten-konten yang berkualitas di blog Anda, itu sudah baik.

Namun, tetap saja Anda juga perlu memperhatikan jumlah pengunjung blog Anda sebelum mendaftarkannya ke google adsense. Untuk masukan dari saya sih, paling tidak minimal sudah punya 50 pengunjung per hari.

Baca Juga :  Apa Itu Situs Wordpress?

2.  Berapa Minimal Jumlah Artikel Blog Supaya Diterima Adsense?

Untuk jumlah artikel juga seperti itu. Tidak tertulis dengan pasti berapa minimalnya. Tapi yang pasti, Anda harus menyajikan artikel yang berkualitas. Karena jika artikel Anda kurang berkualitas, maka blog Anda akan dianggap miskin konten dan bisa membuat pengajuan akun adsense Anda ditolak.

Selain berkualitas, tentunya konten juga harus bermanfaat untuk orang lain. Karena pihak google adsense sangat suka dengan blog atau website yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Nah, tapi tetap saja Anda juga harus menghitung jumlah artikel di blog Anda terlebih dahulu. Maksudnya jangan terburu-buru mendaftar adsense hanya dengan beberapa artikel di blog Anda. Paling tidak buat artikel berkualitas dengan jumlah 50 itu sudah sangat bagus..Ini cuma masukan lo ya.. bukan hal yang pasti..!!

3. Bolehkah membuat akun adsense Lebih dari satu dengan nama yang sama?

Anda tidak boleh membuat akun google adsense lebih dari satu dengan nama yang sama. Berarti Anda hanya boleh membuat satu akun saja dengan satu pengguna.

Meskipun kenyataanya ada juga orang yang bisa membuat banyak akun dengan nama yang sama tapi alamatnya dibedakan, itu dapat melanggar kebijakan adsense.

Jika Anda perlu membuat akun lebih dari satu, caranya Anda bisa menggunakan nama anak, istri, orang tua, atau saudara lainnya lagi.

4. Apakah Iklan adsense Boleh dipasang di blog saya yang lain?

Ya, tentu saja. Anda boleh memasang iklan dari satu akun adsense ke banyak blog Anda. Asalkan blog-blog Anda yang lainnya tidak melanggar kebijakan adsense.

5. Apakah blog saya yang lain harus didaftarkan ke google Adsense lagi?

Jika Anda sudah memiliki akun adsense dari blog sebelumnya, maka misalkan Anda ingin memasang iklan di blog yang lain Anda tidak perlu mendaftarkannya di Google Adsense lagi.

Anda tinggal mengambil scrip iklan dari akun adsense Anda, kemudian memasangnya di blog Anda yang lain itu. Nah, tapi setelah iklan terpasang, Anda harus mengklaim blog Anda di google adsense supaya penghasilannya ikut dihitung sebagai penghasilan Anda.

6. Bagaimana metode Pembayaran Adsense?

Saat ini google adsense menggunakan 3 metode pembayaran yang bisa Anda gunakan. Pertama lewat western union, dengan minimal penghasilan $100 dolar baru bisa dikirim. Yang kedua lewat rekening bank, dan yang ketiga lewat CEK.

7. Kapan Google Adsense akan Membayar Kita?

Biasanya, pencairan google adsense setiap tanggal 21 sampai tanggal 24 setiap bulannya dengan syarat bulan sebelumnya saldo Anda sudah mendapatkan minimal $100 atau lebih. Dan satu lagi, tentunya akun adsense Anda sudah terverifikasi oleh PIN dari Google Adsense.

Jadi metode pembayaran adsense itu begini, jika bulan ini sudah genap $100 atau lebih, maka cairnya bulan depan.

8. Apakah google Adsense Bukan Penipuan dan Benar-benar membayar?

Tentu saja google adsense bukan penipuan dan benar-benar membayar Anda.

Menurut saya, google adsense adalah sampingan yang mudah dijalankan oleh kita-kita yang tidak bisa membuka usaha sampingan lainnya karena kendala waktu, tempat dan tentunya modal.

Untuk menjalankan adsense, kita hanya perlu bekerja keras di awal, menulis beberapa jam per hari di waktu-waktu luang, kemudian jika kita melakukannya selama beberapa tahun dan konsisten Insya Allah saya yakin Anda bakal bisa menerima penghasilan bulanan dari Google Adsense.

Kunjungi Website : Google Adsense

Adi Pratama Putra"

Adi Pratama Putra

Tentang Author

Nama saya Adi Pratama Putra, sering dipanggil Adi. Saya lahir di Bekasi dan sekarang tinggal di Magetan. Saya mengenal dunia blogging sejak bulan Januari 2017. Harapan saya adalah menjadikan Forsipuler menjadi website no 1 di Indonesia dengan topik “Berbagi Informasi Situs Terbaik dan Terpopuler”.

Postingan dari : Adi Pratama Putra


View All Post

Postingan Terkait :

SHARE YOUR THOUGHTS

Your email address will not be published. All fields area required.

Komentar :

  1. Hendra Suhendra berkata:

    saya udah cukup lama joint di GA, baru sekali cair, lama sekali cair berikutnya, hehehe..

  2. Eva berkata:

    Adsense is the best

  3. FajarYusuf berkata:

    Yang bikin pusing tuh caranya bisa payout setiap bulan, sulit banget 🙁 , kalo ada tips n trick boleh dishare..

  4. fatur berkata:

    Tanpa google adsense saya gak semangat ngeblog gan wkwk

  5. Takashi Draylus berkata:

    Memang kebanyakkan pada daftar di adsense. Padahal masih banyak situs pasang iklan lain

  6. eva berkata:

    google adsense emng favorit semua blogger

  7. Itank berkata:

    Nambah pengetahuan nich ttg ads.. mantap gan

© Forsipuler Theme 2020